Etika Guru Agama Kristen Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Iman Naradidik

Alon Mandimpu Nainggolan, Yanice Janis

Abstract


Abstract

This paper describes the ethics of Christian religion teachers and their relevance to the faith of students using  literature approach. The importance of the ethics for a Christian religion teacher is because being a Christian religion teacher is not just transferring knowledge, understanding and skills to students, but also educating students to experience a complete life transformation, especially experiencing a faith that is rooted, growing and fruitful in the Lord Jesus. To produce mature students in faith, Christian religious teachers must live the knowledge, understanding, and values of Christianity. This research is a qualitative research method with a literature study approach. From this research, it was found that the integration between teaching and living examples of a Christian religion teacher is an urgent matter and must be fulfilled because it is relevant to the faith education of the students.

Keywords: Ethics; Christian religion teacher; faith education, student. 

Abstrak

Tulisan ini mendeskripsikan mengenai etika guru agama Kristen dan relevansinya terhadap pendidikan iman naradidik dengan menggunakan pendekatan literatur­. Pentingnya etika bagi seorang guru agama Kristen adalah karena menjadi guru agama Kristen bukan hanya sekadar mentransfer pengetahuan, pemahaman dan keterampilan terhadap naradidik, melainkan mendidik naradidik agar mengalami transformasi hidup secara utuh, khususnya mengalami iman yang berakar, bertumbuh dan berbuah di dalam Tuhan Yesus. Untuk mewujudkan naradidik yang dewasa dalam iman, maka guru agama Kristen harus menghidupi pengetahuan, pemahaman dan nilai-nilai agama Kristen. Penelitian ini merupakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi liteartur. Dari penelitian ini didapati bahwa integrasi antara pengajaran dan keteladanan hidup dari seorang guru agama Kristen menjadi hal yang mendesak dan sebuah keharusan untuk dipenuhi karena memiliki relevansi terhadap pendidikan iman naradidik.

Kata Kunci: Etika; Guru Agama Kristen; Pendidikan Iman; Naradidik.


Keywords


Ethics; Christian religion teacher; faith education; Etika; guru agama Kristen; pendidikan iman.

Full Text:

PDF

References


Abineno. Sekitar Etika Dan Soal-Soal Etis. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1996.

Boehlke, Robert L. Sejarah Perkembangan Pikiran Dan Praktik PAK. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2007.

Douglas, J.D. Ensklopedi Alkitab Masa Kini Jilid A-L. Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih, 2004.

Han, Chandra, and Kiki Debora. “Pentingnya Peranan Guru Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa Dalam Pendidikan Kristen: Sebuah Kajian Etika Kristen.” Diligentia: Journal of Theology and Christian Education 2, no. 1 (2020): 1–14.

Henoch, Budhiadi. Pendidikan Agama Kristen. Bandung: Bina Media Informasi, 2004.

Ismail, Andar. Selamat Menabur. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2007.

Lase, Delipiter. “Dimensions of Spirituality in Personality Competence Christian Religious Education Teacher” (2020).

Naat, D.E. Bahan Ajar Etika Kristen. Cihanjuang: Tiranus, 2011.

Nainggolan John M. Guru Agama Kristen Sebagai Panggilan Dan Profesi. Bandung: Bina Media Informasi, 2007.

Non-Serrano, Janse Velandina. Profesionalisme Guru Dan Bingkai Materi. Bandung: Bina Media Informasi, 2004.

Seymour, Jack L. Memetakan Pendidikan Kristiani. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2016.

Sidjabat, B.S.. Mengajar Secara Profesional. Bandung: Kalam Hidup, 2009.

Siska, Nelvi. “Pengaruh Kepribadian Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Karakter Siswa Kelas VIII SMP HKBP,” 2018.

Soedarmo. Kamus Istilah Teologi. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2011.

Stevanus, Kalis. “Sikap Etis Gereja Terhadap Perceraian Dan Pernikahan Kembali.” Jurnal Kurios Volume 4, no. 2 (2018): 135–156.

———. “Tujuh Kebajikan Utama Untuk Membangun Karakter Kristiani Anak.” BIA’: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual 1, no. Volume 1, 1 (2018): 79-95.

Suseno F. Magnis. Etika Dasar: Masalah-Masalah Pokok Filsafat Moral. Yogyakarta: Pustaka Filsafat, 1991.

Tafonao, Talizaro. “Peran Guru Agama Kristen Dalam Membangun Karakter Siswa Di Era Digital” 2, no. 1 (2019): 1–214.

Tanya, Eli. Gereja Dan Pendidikan Agama Kristen: Mencermati Peranan Pedagogis Gereja. Cipanas: Sekolah Tinggi Teologi Cipanas, 1999.

Thomas, H. Groome. Religious Education. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2010.

Tong, Stephen. Arsitek Jiwa II. Surabaya: Momentum, 2008.

Tung, Khoe Yao. Menuju Sekolah Kristen Impian Masa Kini. Yogyakarta: Andi Offsetss, 2018.




DOI: https://doi.org/10.46348/car.v1i2.23

Article Metrics

Abstract view : 185 times
PDF - 41 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 CARAKA: Jurnal Teologi Biblika dan Praktika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Caraka Journal has been registered on the site

         

Statistik Counter

View My Stats           

Flag Counter