Author Guidelines

JENIS HURUF DAN UKURAN KERTAS

Jenis huruf dalam artikel ini adalah Times New Roman, ukuran 12pt (kecuali judul artikel). Sedangkan ukuran kertas adalah A4, dengan margin atas 3 cm, margin bawah 2,5 cm, margin kiri 3 cm, dan margin kanan 2 cm. keseluruhan Artikel dibuat dengan menggunakan format page layout one columns.

JUMLAH KATA DAN HALAMAN

Jumlah halaman pada artikel minimal 12 halaman dan jumlah kata 5000-7000 kata dari Abstraksi-Kesimpulan.

TEKNIK PENGUTIPAN

Pengutipan dilakukan menggunakan catatan kaki dengan format Thurabian 8th edition.

JUDUL ARTIKEL

Judul artikel ditulis dengan huruf besar pada setiap kata, rata tengah, dengan ukuran huruf 14 pt bold.

NAMA PENULIS, AFILIASI, DAN ALAMAT KORESPONDENSI

Nama penulis, afiliasi, dan alamat korespondensi ditulis secara berturut-turut dalam tiga baris dengan ukuran huruf 12 pt, rata tengah. Nama penulis dan alamat korespondensi ditulis dalam cetak tebal. Alamat korespondensi juga ditulis dalam cetak miring. Apabila ada lebih dari satu penulis, maka nama penulis kedua dan selanjutnya di tulis dalam baris di bawahnya.

ABSTRAK

Untuk artikel berbahasa Indonesia abstrak ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Sedangkan artikel berbahasa Inggris abstrak cukup dalam bahasa Inggris saja. Abstrak dalam Bahasa Inggris ditulis dengan style miring. Abstrak ditulis rata kanan kiri dengan spasi tunggal, ukuran font 12 pt, sebanyak 100 - 200 kata.  Abstrak harus seringkas mungkin dalam saatu paragraf, memuat tujuan penelitian, metode penelitian yang digunakan, dan hasil-hasil temuan yang diperoleh serta kesimpulan.

KATA KUNCI

Kata kunci adalah daftar kata-kata yang terdapat pada Abstrak yang merefleksikan penelitian, dipisahkan oleh titik koma (;)

PENDAHULUAN

Pendahuluan ditulis rata kanan kiri spasi 1,5. Pendahuluan harus berisi (secara berurutan) latar belakang umum, kajian literatur terdahulu (state of the art) sebagai dasar pernyataan kebaruan ilmiah dari artikel, pernyataan kebaruan ilmiah, dan permasalahan penelitian atau hipotesis. Di bagian akhir pendahuluan harus dituliskan tujuan kajian artikel tersebut. Di dalam format artikel ilmiah tidak diperkenankan adanya tinjauan pustaka sebagaimana di laporan penelitian, tetapi diwujudkan dalam bentuk kajian literatur terdahulu (state of the art) untuk menunjukkan kebaruan ilmiah artikel tersebut.

METODE PENELITIAN

Metode penelitian ditulis rata kanan kiri spasi 1,5. Metode yang digunakan dalam pemecahan permasalahan seperti metode kualitatif, metode kuantitatif, metode studi pustaka, maupun metode tafsir. Metode yang digunakan untuk menjawab pertanyaan penelitian tersebut harus dijelaskan secara terperinci disertai dengan tahapan-tahapan dalam penelitian yang dilakukan.

HASIL DAN PEMBAHASAN

Hasil dan Pembahasan ditulis rata kanan kiri spasi 1,5. Hasil dan Pembahsan berisi hasil-hasil temuan penelitian dan pembahasannya. Tuliskan temuan-temuan yang diperoleh dari hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan dan harus ditunjang oleh data-data yang memadai. Hasil-hasil penelitian dan temuan harus bisa menjawab pertanyaan atau hipotesis penelitian di bagian pendahuluan. Lakukan juga diskusi atau pembahasan terhadap hasil yang ditemukan dengan cara membandingkan pendapat, pandangan, atau temuan penelitian yang sudah ada, baik yang kontradiktif maupun yang sesuai dengan hasil penelitian yang dilakukan di atas. Jika pada bagian hasil dan pembahasan membutuhkan uraian sub-sub bagian, maka penulisan sub judulnya harus menggunakan format huruf besar di setiap awal kata, kecuali konjungsi, seperti ditunjukkan berikut ini.

Hasil dan Pembahasan

Jika ada temuan penelitian yang ingin diuraikan atau dijelaskan secara detail.

Sub-bagian dari Hasil dan pembahasan

Jika ada poin khusus atau detail yang ingin dijelaskan yang merupakan bagian dari Hasil Temuan.

KESIMPULAN

Kesimpulan ditulis rata kanan kiri spasi 1,5. Kesimpulan menggambarkan jawaban dari hipotesis dan/atau tujuan penelitian atau temuan yang diperoleh. Kesimpulan bukan berisi perulangan dari hasil dan pembahasan, tetapi lebih kepada ringkasan hasil temuan seperti yang diharapkan di tujuan atau hipotesis. Saran menyajikan hal-hal yang akan dilakukan terkait dengan gagasan selanjutnya dari penelitian tersebut. Kesimpulan disajikan dalam satu paragraf.

REKOMENDASI (OPTIONAL)

Rekomendasi ditulis rata kanan kiri spasi 1,5. Rekomendasi berisi implikasi dan saran yang diajukan penulis berkaitan dengan temuan hasil penelitian.

DAFTAR PUSTAKA

Semua rujukan-rujukan yang diacu di dalam artikel harus didaftarkan di bagian Daftar Pustaka. Daftar Pustaka harus berisi pustaka-pustaka acuan yang berasal dari sumber primer (jurnal ilmiah dan berjumlah minimum 60% dari keseluruhan daftar pustaka) diterbitkan 10 (sepuluh) tahun terakhir. Setiap artikel paling tidak berisi 10 (sepuluh) daftar pustaka acuan.

Penulisan Daftar Pustaka sebaiknya menggunakan aplikasi manajemen referensi sepertiMendeley, Zotero, dsb. Format penulisan yang digunakan di Dunamis: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani adalah sesuai dengan format Thurabian 8th edition. Daftar pustaka ditulis dalam spasi tunggal.

 

Petunjuk penulisan artikel jurnal dapat dilihat selengkapnya dalam Journal Template.